Bokutachi no Remake Ver. β - Volume 1 Chapter 3.5 Bahasa Indonesia

 Part 5


"Hm ~~~~~~~~~~~~~~ m"

Dengan pena di antara telinganya dan lengan terlipat, Sakurai-san mengerang.

Agendanya adalah bagaimana memasukkan penerapan monetisasi dan sistem produksi ke dalam proposal game baru yang belakangan ini dia susun.

Namun, sulit untuk membuat rencana untuk memperbaiki situasi. Tanpa anggaran dan personel, sulit untuk menemukan solusi terbaik sejak awal.


“Kalau soal merek, apakah benar jika dikatakan kami sedang membuat sub-merek?”


"Ya, dan tidak ada salahnya merek Succeed untuk melakukannya."


Kekhawatiran #1 sepertinya sudah teratasi.

Sedangkan untuk komposisi staf, termasuk programmer, masih bisa menghilangkan anggapan bahwa itu hanya sub-brand.


“Maka masalahnya ada di sini, kan.”


Menunjuk ke bagian yang relevan dari dokumen,


"Itu disini..."


Sakurai-san juga menghela nafas berat.

Di atasnya tertulis dengan huruf besar, Profitabilitas.


“Tidak masuk akal untuk mencari keuntungan sejak awal, karena ini adalah proyek yang menantang. Namun, untuk mendapatkan anggaran tertentu, diperlukan setidaknya jumlah unit minimum.”


"... Tapi jika aku boleh mengatakannya sendiri, tapi proyek ini adalah"


Memiliki elemen meta yang kuat, tidak mengambil jalan kerajaan sebagai RPG, tidak menjual diri dengan grafis, dan tidak melibatkan orang-orang terkenal.

“Sepertinya tidak akan laku, kan?”


Kami berkata serempak dan menghela nafas.

Permainan yang dapat dibuat dalam skala kecil dan diharapkan menghasilkan keuntungan yang tinggi umumnya adalah permainan bishojo dengan tingkat “kepraktisan” yang tinggi.

Tapi kita tidak bisa meminta hal itu pada game yang kita buat sekarang. Aku telah melihat terlalu banyak contoh permainan mirip chimera yang menambahkan elemen dengan cara ini, tetapi pada akhirnya gagal menang di mana pun dan mati.


“Sangat sulit membuat game untuk suatu pekerjaan, bukan?”


Sakurai-san menghela nafas dan menatap langit-langit abu-abu.


“Saat aku masih SD dan SMP, aku tidak pernah memikirkan hal seperti ini.”


"... Ya, temukan saja permainan yang menarik, mainkan, dan ulangi."


"Dulu~. Aku sangat menyukai RPG, jadi aku mengarang ceritaku sendiri dan membuat bukuku sendiri, mengunggah karya seni penggemar di Internet dan dicerca, dan melakukan apa pun yang kuinginkan!"


Dia tersenyum sayang, lalu,


"Tentu saja, aku mengerti sekarang, selama aku melakukannya demi pekerjaan, setidaknya aku harus mendapatkan uang yang layak. Membuat produk yang terlihat seperti sesuatu yang terjual dengan baik adalah taruhan yang aman, atau semacamnya... "


Mata yang tadinya melihat ke langit-langit, dengan cepat turun ke bawah.


"... Tapi aku sedikit khawatir kalau-kalau lambat laun aku akan kehilangan jejak atas apa yang kulakukan."


Aku mengerti apa yang dia katakan dengan sangat baik.

Seharusnya aku datang ke dunia ini karena aku menyukainya. Aku bisa mengatakan beberapa hal keren hanya dengan mulutku.

Aku mengagumi proyeknya dan berkata bahwa kita dapat bersain dengan ini, namun kita belum mampu melakukan apa pun, bahkan membuat kuda untuk berlari di medan perang atau membuat persenjataan.

Perasaan tidak berdaya Kawasegawa. Mereka yang tampak bekerja begitu gemilang di lini depan pun tak selalu mampu bergerak sesuai keinginan. Aku bisa apa, seorang yang tidak bisa berbuat apa-apa, menyelesaikan dengan terus berjuang seperti ini.


“… Mari kita pikirkan. Hanya itu yang kita miliki saat ini.”


kataku, seolah-olah pada diriku sendiri.


"Jika kita yakin sesuatu itu baik, mari kita gunakan akal kita untuk membuatnya sebaik mungkin. Mungkin ada sesuatu yang belum kita temukan."


Sakurai-san mengangguk setuju denganku.


"Ya, aku akan melakukannya. Bagiku, ini pertama kalinya dalam hidupku sesuatu yang begitu sulit namun menarik terjadi padaku."


"Yah, kalau begitu, kita pasti mendapatkan sesuatu dari hal ini."


Mengangguk satu sama lain. Kami masih memiliki sisa energi untuk bertarung.

Namun demikian, kita akan berakhir berbelaskasih pada situasi ini.

Adakah yang bisa dilakukan untuk mencairkan suasana tanpa mengubah apa yang ada dalam pikiran Sakurai-san secara signifikan?


"Apa yang dipikirkan kepala... tunggu, apa yang kamu lakukan?"


Ketika aku melihat, aku melihat kepala departemen memegang semacam mainan di tangannya dan mengeluarkan suara berderak.


"Itu senjata model. Aku selalu menyukainya."

Kamu menyukainya, ya, bukan itu.


"Aku tidak tahu banyak tentangnya, tapi saat aku membuat game dulu, ini adalah senjata utamaku dan aku menyukainya. Tahukah kamu Hashiba-kun? Desert Eagle"


"Ya"


Aku juga tidak begitu paham dengan senjata api, tapi aku familiar dengan namanya. Itu senjata yang berasal dari Israel, menurutku?


"Aku biasa memotret ini di kantor yang kosong ~ persis seperti ini."


Saat dia menarik pelatuknya, beberapa peluru BB membentur dinding dan menimbulkan suara.

Seperti yang diharapkan, Sakurai-san sepertinya hanya meragukan tindakan kepala departemen. 

(Hashiba-san, sebenarnya apa yang sedang dilakukan Direktur...?)

(Aku juga tidak tahu apa itu)

Kurasa aku tidak punya banyak ide dan tidak melakukan apa pun... tapi itu terlalu banyak misteri, meski kurasa itulah yang dia lakukan.

Takoyaki-san melihat pistol itu dengan senyum bahagia,


"Sebelum kalian datang ke sini, kami biasa membicarakan permainan dan senjata bersama-sama."


'Eh', aku hampir meninggikan suaraku.

Kalau yang dimaksud dengan "kalian" adalah aku dan Sakurai-san, itu artinya...


"Dengan ketua dan dia...?"


"Ya, mereka berdua mencintai game juga. Sungguh nostalgia."


Itu adalah cerita yang tidak terduga.

Mungkin kedengarannya buruk untuk mengatakannya, tapi aku mendapat kesan bahwa Charaji dan Ratu tidak memiliki kecintaan terhadap game, dan hanya datang ke perusahaan ini karena suatu alasan.


"Kamu tampak terkejut."


"Ya, sejujurnya aku berpikir begitu."


"Aku bisa melihatnya. Karena sekarang mereka tidak pernah terlihat seperti itu."


Fuuh, Takoyaki menghela nafas.


"Hashiba-kun, aku tahu kamu tidak berpikir baik tentang mereka. Tapi..."


Ekspresi berseri-seri di wajahnya hilang, dan kesedihan melayang di wajahnya.


“Aku ingin kau memahami bahwa mereka juga punya alasan untuk bersikap seperti itu.”


"...Apakah begitu"


Takoyaki-san mengangguk kecil.


“Mereka sendiri tidak akan pernah membicarakannya, jadi mungkin lebih baik aku memberitahumu.”


"Ini akan memakan waktu agak lama, jika kamu tidak keberatan," kata Takoyaki-san dengan tenang.


Saat kami menganggukkan kepala, dia mulai berbicara perlahan dengan nada lembut yang selalu dia gunakan.


"Kamu tahu kita punya departemen penerbitan, kan?"

Tentu saja aku tahu. Ini adalah departemen yang memiliki reputasi mapan dalam komikalisasi karya-karya populer dan disebut sebagai contoh sukses campuran media karena kualitas karyanya yang tinggi.

Aku sendiri mempunyai beberapa komik, dan aku sudah merasakan langsung kualitas karyanya.

Saat aku memberitahunya hal ini, dia mengangguk dengan berat dan,


"Itu adalah ketua, yang berkontribusi besar terhadap peningkatan kualitas."


"Eh... begitukah?"


Ketua Charaji telah pindah ke departemen penerbitan Succeedsoft sebagai editor.


“Dia bilang manga berdasarkan game kita tidak menarik, jadi dia bergabung dengan mereka untuk mereformasinya.”


Pada saat itu, perusahaan tersebut membangun ulang manga berkualitas rendah berdasarkan video game dan mulai menghasilkan banyak karya yang diterima dengan baik.


"Dia segera dipromosikan ke jabatannya dan mulai melatih editor baru. Jumlah anak muda di departemen yang percaya pada ketua meningkat, dan semangat kerja secara keseluruhan meningkat pesat."


Di sana, dia memotong pembicaraannya dengan "Tapi",


"Beberapa orang di departemen mulai menganggap hal itu menjengkelkan. Para bos yang ada di sana awalnya mengira posisi mereka terancam, jadi mereka mengasingkannya."


"... Hal seperti itu"


Dia dikeluarkan dari bisnis penerbitan buku komik besar dan diberi tanggung jawab atas departemen editorial manga asli, sehingga dia bertanggung jawab atas bisnis baru.


"Sebuah departemen tanpa bawahan dan hanya seorang pemimpin redaksi. Jelas bagi semua orang bahwa dia dicopot."


Namun, dia terus mengembangkan aplikasi, menjelajahi komik baru, dan melakukan hal-hal lain yang mungkin mengarah pada sesuatu yang baru. Namun, proyek-proyek tersebut tidak berhasil.


"Aku kira asumsinya adalah mereka akan menghancurkannya, sejak awal. Jadi dia merasa kehilangan motivasi dan pusing, lalu aku mendekatinya."


Siapapun akan kehilangan motivasinya jika mengalami perlakuan seperti itu. Responsnya yang terus-menerus, membuang-buang, dan menyerah pada segala hal pun tercipta.

―― Miyamoto Kanji. Kepala Departemen Pembangunan 13. Di balik sikapnya yang genit dan ternganga, terdapat rasa putus asa yang mendalam karena telah berjuang begitu keras dan tidak mendapatkan apa-apa.

Kemudian, Takoyaki-san melanjutkan pembicaraan tentang ratu.


“Sistem akuntansi di kantor pusat saat ini sebenarnya dibuat olehnya.”

Pekerjaan awal Ratu adalah sebagai programmer. Namun, ada beberapa situasi di mana dia dapat memanfaatkan keterampilan pekerjaannya, jadi dia beralih ke akuntansi berdasarkan kualifikasi pembukuannya.


“Saat dia bergabung dengan departemen akuntansi Succeed, dia segera mengidentifikasi kelemahan dalam sistem dan menerapkannya untuk meningkatkan efisiensi.”


Pada saat itu, perangkat lunak yang digunakan oleh departemen akuntansi sulit digunakan dan lambat, dan manajer departemen akuntansi menjadi hambatan bagi semua penyelesaian dan pemrosesan akun, yang menyebabkan tuntutan perbaikan di tingkat perusahaan secara keseluruhan.

Dia mampu memperbaikinya dalam waktu singkat.


"Semua orang di departemen mengaguminya, dan meskipun mereka selalu bekerja lembur, mereka sekarang bisa pulang pada waktu yang dijadwalkan. Namun..."


Sebenarnya ada alasan mengapa departemen akuntansi memiliki sistem yang buruk.


"Manajer umum pada saat itu sedang mencoba membuat kesepakatan rahasia dengan sebuah perusahaan perangkat lunak akuntansi untuk mendapatkan imbalan atas pemasangan perangkat lunak tersebut di perusahaannya. Hal itu... digagalkan oleh kesuksesannya."


Merupakan hal yang baik baginya bahwa perangkat lunak tersebut akan menyelesaikan sistem akuntansinya yang bermasalah, dan dia akan menerima kompensasi atas usahanya.


"Tapi tentu saja kompensasinya tak datang, dan perusahaan perangkat lunak akuntansi itu sangat sinis, dan manajer umum kehilangan posisinya. Jadi dia mulai diperlakukan dengan buruk."


"Tidak mungkin, tapi..."


"Tentu saja, ini adalah pencapaian yang patut dibanggakan. Jadi dia tidak menyerangnya secara langsung, dia hanya menjemurnya tanpa memberinya pekerjaan apa pun."


Ini merupakan pendekatan yang sangat berbahaya, namun dampaknya langsung terlihat.

Segera diketahui di dalam departemen bahwa manajer tidak menganggapnya baik, dan karyawan yang awalnya memujinya mulai menjauhkan diri darinya dan mengucilkannya.

Dan dia juga menjadi terisolasi. Ketika dia kehilangan tempatnya, Takoyaki-san mendekatinya dan mengundangnya untuk bergabung dengan departemen ke-13.

――Itu adalah masa lalu yang tidak masuk akal bagi Ratu, Mitsutomo Kojima.


"Perusahaan adalah makhluk yang digerakkan oleh kelompok. Jika kau didesak, kau akan disetir ke mana-mana dan tersesat. Dan itu tidak memandang betapa berbakatnya kamu."


Takoyaki berbicara dengan acuh tak acuh dan melanjutkan, 


"Itulah alasannya."


“Departemen Pengembangan ke-13 diciptakan sebagai pelarian bagi mereka yang lelah berada dalam situasi yang sama. Jauh dari perjuangan yang tidak perlu, sehingga ketika luka sembuh, kau dapat kembali bekerja.”


Haa, aku pernah melihat wajah itu lagi.

Sekarang aku menyadari bahwa alasan mengapa orang ini begitu tenang dan tidak bertengkar dengan siapa pun adalah karena perasaannya terhadap orang yang menderita luka tersebut.


"Apakah begitu..."


“Yah, seharusnya tempat seperti itu, tapi akan segera hancur.”


Tersenyum sedih di hadapanku, Takoyaki-san ―― Tidak, di hadapan Horii Kazuhisa, kepala Departemen Pengembangan ke-13, aku tercengang oleh kejadian tidak masuk akal yang harus mereka tanggung dan kenyataan ironis dari situasi tersebut.

Departemen, yang seharusnya dipersiapkan oleh direktur sebagai tempat pelarian, entah bagaimana kemudian dikenal sebagai ruang eksekusi yang dipermalukan.

Dan nama itu akan menjadi kenyataan.


"Hal seperti itu... pernah terjadi?"


Ketika pembicaraan Direktur berakhir, aku terdiam.

Karena kisah keduanya ternyata lebih serius dan mengerikan dari yang kuduga.


"Aku pernah mendengarnya, tapi aku tidak tahu kalau hal itu sampai sejauh itu."


Sakurai-san menganggukkan kepalanya dengan ekspresi muram.


“Sebuah perusahaan hadir dalam banyak hal yang berbeda.”


Seperti biasa, kepala departemen mengelus kepalanya.


“Sepertinya aku memberimu beberapa informasi yang tidak perlu…?”


"Tidak, jika itu masalahnya, aku rasa aku benar-benar harus menyelesaikan proyek ini."


Sebenarnya, kurasa aku telah mendengar cerita bagus. Namun, hal itu tidak berarti bahwa proyek itu sendiri akan dilanjutkan. Kepala departemen masih mengutak-atik senjatanya setelah pembicaraan selesai.


"Awalnya, Desert Eagle memiliki akurasi yang tinggi, tapi tembakanku buruk, jadi aku tidak bisa mengenai sasaran sama sekali."


Karena itu, dia menembakkan beberapa peluru lagi ke dinding.


"...Sebenarnya tidak kena."


Wadah plastik yang menurutku dia incar, tergeletak di sana tanpa tersentak.


"Benar? Jadi sekarang aku harus menembak berdasarkan angka, kan."


Direktur masih menodongkan senjatanya ke dinding.

Kami terus melihat ke bawah pada materi yang ada.


"Bahkan jika kita berpikir buruk tentang hal itu, kita tidak bisa memulainya..."


Materi yang kulihat dengan mataku dan suara kepala departemen terdengar melalui telingaku.

Mereka berbaur bersama sejenak.

(Eh... ah, tunggu sebentar...)

Mungkin aku membuat kesalahpahaman besar.


"Sakurai-san, proyeknya... Masih banyak lagi, kan?"


"Eh, iya...gimana?"


Aku membuka file yang kuterima darinya lagi.

Aku membalik-baliknya dan menutupnya, kali ini menggunakan smartphoneku untuk memeriksa daftar situs pengunduhan utama.

Kali ini, aku buru-buru kembali ke tempat dudukku di mana aku menyimpan PC-ku dan mengetuk tombol untuk memeriksa ini dan itu.


"Benar, itu maksudnya..."


Selangkah demi selangkah, aku bisa merasakan panas meningkat di jari-jarku.


"Um, Hashiba-san...?"


"Hashiba-kun, tiba-tiba ada apa?"


Terlepas dari suara mereka, aku mendapat petunjuk di sana.


"Mungkin... Kita bisa melakukan ini"


Aku hanya bisa memegang ponselku dan berteriak.


"Wah!"


"Hih!"


Tiba-tiba aku berteriak begitu keras hingga mereka berdua berjingkat-jingkat di tempat.


"Aku berhasil, akhirnya... aku mendapat petunjuk."

Suaraku masih bergetar di tempat.


"Sudahkah kau menemukan cara... untuk membuat proyek ini lebih menguntungkan?"

Aku berbalik.


"Tidak, aku belum menemukannya. Tapi... aku sudah membereskannya."


Keduanya menatapku dengan tanda tanya besar di wajah mereka.


"Karena terlalu banyak berpikir, Hashiba-san, kamu..."


"Mungkin sebaiknya kamu istirahat...?"


Aku meyakinkan mereka bahwa kecemasan mereka akan digantikan oleh kekhawatiran.


“Jangan khawatir, aku tidak gila dan aku memiliki kemampuan untuk berpikir dengan baik.”


Aku mengambil Desert Eagle milik kepala departemen dan mengarahkannya ke dinding.


“Yang tersisa hanyalah menembak.”


Aku menarik pelatuknya dan beberapa peluru ditembakkan ke dinding.

Peluru itu mengenai wadah tadi dan menggelinding ke lantai dengan bunyi gedebuk.


"Seperti yang dikatakan kepala departemen, jika kamu menembak...kamu akan mengenainya."


Translator: NyanNyan-tan 

Post a Comment

Previous Post Next Post

Announcement

[ANNOUNCEMENT] Vtuber Childhood Friend and Voice Actress Childhood Friend Are Too Tense
Translation changes for some character names:
Nakamura Kou = Nakamura Wataru
Hinata Haruka = Hyuuga Haruka

Support Us