Mamahaha no Tsurego ga Motokano datta - Volume 11 Kata Penutup Bahasa Indonesia


Kata Penutup


Aku tidak bermaksud menyombongkan diri atau apa pun, tapi kenyataannya, aku jarang membaca novel misteri. Aku lebih condong ke game misteri, dan kalau bicara novel, aku hanya bisa membaca sekitar satu novel per tahun. Jadi, ketika Yume menyebutkan judul sebuah buku, aku langsung membaca buku itu dan menulisnya dengan pengetahuan seadanya.

Bahkan orang sepertiku pun bisa menulis misteri. Akhir-akhir ini, aku berpikir ingin menyebarkan perspektif itu. Namun, selain itu, izinkan aku menjelaskan mengapa aku memutuskan untuk mengubah Tsurekano menjadi sebuah misteri kali ini.

Awalnya, ide untuk mengubah Tsurekano menjadi sebuah misteri sudah ada sebelum diterbitkan sebagai buku. Aku meninggalkannya saat itu karena kurang percaya diri untuk merangkumnya dengan baik dan menilai genre yang berbeda tidak boleh dicampur. Namun, karena jumlah volumenya melebihi 10, dan aku harus mempertimbangkan untuk menyelesaikan seri ini, aku merasa agak sulit untuk melanjutkan dengan cara yang sama.

Faktanya, aku telah bergumul dengan dua hal sejak sekitar jilid keempat. Salah satunya adalah, “Aku tidak tahu bagaimana menyusun romcom dalam bentuk cerita yang panjang.” Yang lainnya adalah, “Jika aku fokus pada episode dengan karakter lain, penampilan Mizuto dan Yume akan berkurang.”

Aku mungkin tidak banyak mengatakannya sebelumnya, tetapi menulis romcom murni dengan latar masa kini adalah yang pertama bagiku bersama Tsurekano. Selama ini aku hanya menulis cerita yang melibatkan pertarungan atau misteri, jadi aku kurang nyaman menyusun cerita romcom.

Aku pikir aku bisa mencoba berbagai hal dan belajar sambil menulis, tetapi setelah menulis hingga volume ke-10, aku masih belum mengerti. Menulis tanpa tahu apa-apa, berjuang untuk menjadikannya sebuah buku, sungguh sulit. Menulis Tsurekano jauh lebih menantang daripada misteri yang tampaknya melelahkan.

Ada pandangan yang mengatakan bahwa karya yang baik bisa lahir dari perjuangan dan perenungan yang mendalam dari penulisnya. Namun, bahkan jika sesuatu yang baik diciptakan dengan cara itu, tidak ada artinya jika kamu tidak dapat mengartikulasikan mengapa hal itu baik—terutama melalui pengalamanku dalam produksi anime, aku sangat merasakan hal ini.

Sekarang, tema yang aku kejar adalah “reproduksibilitas”.

Reproduksibilitas—apakah kamu dapat berulang kali menciptakan sesuatu yang sama menariknya. Jika kamu tidak menemukannya, meskipun segala sesuatunya berjalan baik saat ini, tidak akan ada masa depan. Tanpa masa depan, tidak akan ada pertumbuhan. Tanpa pertumbuhan, kamu bosan.

Aku pikir “kebosanan” adalah racun yang membunuh setiap penulis—jadi aku menilai aku tidak memiliki bakat untuk memberikan reproduksifitas pada romcom yang panjang dan memilih pendekatan yang berbeda.

Di situlah pilihan misteri muncul. Mengapa misteri? Sekarang, mari kita beralih ke pembahasan kekhawatiran lain yang aku sebutkan. Dengan mengadopsi misteri sebagai poros cerita, kamu dapat fokus pada karakter lain sebagai titik fokus drama sambil mendapatkan peran yang disebut Holmes dan Watson—kali ini, Mizuto dan Yume.

Faktanya, di jilid ke-11 ini, cerita utamanya menampilkan Asuhain, namun hanya ada satu adegan dari sudut pandang Asuhain. Misteri memudahkan penyusunan narasi seperti itu.

Hubungan Mizuto dan Yume telah berkembang sejauh mungkin pada jilid ke-10, dan aku ingin menggunakan bakat detektif Mizuto, dan berbagai kondisi serta ide tersebut saling tumpang tindih, jadi aku memutuskan untuk mencobanya.

Butuh waktu sekitar satu bulan hanya untuk perencanaan, tapi berkat itu, aku bisa bekerja dengan cukup nyaman. Aku beralih ke input suara untuk menulis kali ini, jadi aku merasa frustrasi dengan kesalahan pengenalan “Asuhain” yang tiada henti, tapi secara keseluruhan, tidak apa-apa.

[TN]: Asuhain sering kali salah diucapkan atau salah dibaca sebagai “Asuha” atau salah pengucapan lainnya.

Nah, cerita kali ini berbentuk misteri. Aku yakin aku melakukan pekerjaan dengan cukup baik. Jika ada yang tertarik dengan tulisan misteriku dari jilid ke-11 ini, silakan baca lebih lanjut karya-karya aku yang penuh misteri seperti “Sherlock + Academy” atau “I’ll Answer Your Mystery” (shameless plug).

Jilid berikutnya direncanakan untuk berfokus lebih banyak seputar Kawanami × Akatsuki. Suatu pagi, keduanya terbangun di ranjang yang sama!? ... Selain itu, aku belum memikirkan apa pun. Rencana belum diputuskan.

Jadi, itu saja untuk “Putri Ibu Tiriku Adalah Mantanku Jilid 11,” oleh Kamishiro Kyousuke. Kamu mungkin sudah tahu, tapi aku suka menulis tentang para gadis yang suka bermain-main.

Post a Comment

Previous Post Next Post


Support Us