Tomodachi no Imouto ga Ore ni Dake Uzai - Volume 8 Chapter 8 Bahasa Indonesia

 Bab 8 - Adik Temanku Menembakku 


Ketika aku membuka pintu kaca dan melangkah keluar ke teras observasi, tubuhku, yang masih lembab setelah mandi, disambut oleh angin dingin. Ini bukan atap hotel, tapi ini adalah lantai tertinggi yang bisa kau capai melalui lift. Kami juga tidak memiliki pemandangan jutaan dolar (seperti yang mungkin disebut oleh pria tua seperti Tsukinomori-san), jadi angin musim gugur yang sedikit terlalu kencang akan menjadi hal yang paling menarik.

Penghalang untuk mencegah orang terjatuh terbuat dari bahan transparan sehingga memberikan pemandangan kota pada malam hari. Kami juga memiliki tanaman hias, kursi berjemur, teleskop, dan tempat mandi kaki. Tidak ada yang kurang, seolah-olah ini dibuat oleh siswa teladan.

Masih ada sepuluh menit sebelum waktu yang kami sepakati untuk bertemu melalui LIME. Aku bertaruh jika aku tiba lima menit lebih awal, dia pasti sudah ada di sini, tapi rupanya keputusanku untuk datang sepuluh menit lebih awal juga tidak cukup baik.

Seperti dugaanku—sebenarnya, kali ini dia melampaui ekspektasiku—Midori benar-benar siswi teladan yang sempurna.

“Kau datang lebih awal. Sudah berapa lama kau di sini?” aku bertanya.

“Sekitar sepuluh menit.”

“Jadi kau datang dua puluh menit lebih awal. Menakjubkan."

Midori terkikik. “Kau tidak boleh meremehkanku.” Dia menepuk kursi di sebelahnya. “Sini dan duduklah jika kau mau.”

Dia sedang duduk di depan area bak cuci kaki. Sandal yang dipinjamnya dari hotel diletakkan rapi di samping kursinya, sementara kaki telanjangnya dicelupkan ke dalam air panas.

Ini semua terlihat familiar...

Saat aku melihat ke arah Midori, tiba-tiba aku melihat siluet gelap di posisi yang sama persis, seperti karakter yang belum kubuka—dan kemudian aku teringat.

Itu sama seperti saat aku berbicara dengan Sumire di penginapan Desa Kageishi. Satu-satunya perbedaan adalah saat itu airnya berisi ikan terapi.

“Apakah keluarga Kageishi memiliki kecenderungan genetik untuk menikmati merendam kaki?” aku bertanya.

“Aku tidak yakin dengan keluargaku, tapi aku agak netral terhadap mereka. Aku hanya menganggapnya menarik, jadi aku memutuskan untuk mencobanya.”

Jadi itu adalah keingintahuannya saat bermain.

“Satu-satunya anggota keluargaku yang benar-benar kau kenal adalah Sumire. Kalau begitu, apakah dia suka merendam kaki?”

“Dia tampak menikmatinya ketika aku melihatnya.”

Midori tertawa. “Jadi aku mengingatkanmu padanya, kan? Kau tahu, itu membuatku senang.” Karena malu, Midori menceburkan kakinya sedikit ke dalam air, membuat serangkaian gelombang kecil. “Apakah kau berteman dengan kakakku, Ooboshi-kun?”

“Aku…” aku terdiam. "Aku rasa begitu. Aku belum pernah memikirkannya sebelumnya.”

“Kau menghabiskan waktu bersamanya, kan? Ada hal-hal tertentu yang kalian lakukan bersama, kan?”

"Yah begitulah. Aku tidak bisa menjelaskan secara spesifik, tapi aku bersumpah tidak ada yang aneh-aneh. Semoga kau percaya.”

“Hubungan kalian sepertinya cocok dengan definisi pertemanan. Itu bagus untukku.”

"Bagus untukmu?"

“Jika kau dan kakakku berteman, itu menjadikanku adik perempuan temanmu, kan?”

"Kukira." Itu adalah konsep yang sudah kurenungkan berkali-kali, tapi agak aneh mendengar Midori merujuknya. "Tunggu sebentar. Aku tidak mengerti. Mengapa itu menjadi penting?”

“Artinya kita berdua punya hubungan yang berarti dengan kakakku, dan menurutku itu membantu. Katakanlah kita pacaran dan menemui rintangan apa pun itu. Nasihat apa pun yang kita minta darinya akan seimbang, karena dia tidak akan terlalu berpihak pada salah satu dari kita. Dalam hal pernikahan, ada baiknya jika pasangannya adalah seseorang yang dikenal oleh keluarga, atau paling tidak, oleh salah satu anggota keluarga tersebut. Hal ini menurunkan risiko terjadinya drama antar kerabat.”

“Kau sudah memikirkan tentang pernikahan?!”

“Itu juga berarti aku akan tetap memiliki koneksi denganmu, meski kau langsung menolakku.”

aku menelan ludah. Dia berbicara dengan santai seolah-olah dia menawariku beberapa trivia secara acak.

Midori sekarang memposisikan dirinya dengan aneh dan termasuk dalam konsep: adik perempuan temanku. Tapi dia tidak sepenuhnya salah. Tidak peduli detail hubungan kami, selama kakaknya tetap menjadi temanku, dia akan tetap menjadi adik perempuan temanku. Itulah mengapa itu “bagus” untuknya, begitu dia mengatakannya.

Bagiku, aku khawatir akan salah menilai dan mengacaukan jarak di antara kami, justru karena itu adalah hubungan yang tidak dapat kami putuskan. Aku berharap bisa menjadi seperti Midori dan fokus pada hal positif dari pengaturan seperti itu, tapi aku tidak bisa. Hatiku terlalu pesimis.

“Kau tidak akan duduk di sebelahku?” kata Midori.

“Aku tidak ingin merendam kaki.”

"Oh." Masih membuat cipratan kecil dengan kakinya, Midori menatap bayangannya yang kabur di permukaan air. “Kau cerdas, Ooboshi-kun. Sepertinya kau sudah tahu apa niatku di sini.”

"Ya."

Midori tidak berkata apa-apa, malah mengepalkan tangan di pangkuannya. Wajahnya terlalu tertunduk sehingga aku tidak bisa melihat ekspresinya, tapi melalui sela-sela rambutnya, aku melihat sekilas telinganya yang merah.

Lalu, tanpa peringatan, dia mengangkat kepalanya. Sambil menarik kakinya keluar dari air, dia mengambil handuk di lantai dan mengeringkannya, lalu berdiri tegak seolah bersiap untuk pidato penting.

“Ooboshi-kun! Aku akan memecahkan masalah tersulit yang pernah aku hadapi sepanjang hidupku.”

"Hah?" Suaraku pecah. Ini sebenarnya tidak— Tidak, ini jauh dari apa yang kuharapkan.

Midori mengambil sikap sebagai seorang intelektual sejati, dan kemudian mulai berbicara. “Kita akan menyebut emosiku 'M', dan emosi yang umumnya disebut sebagai cinta 'L.'”

"Oke..."

“Jumlah total L adalah: 'melihat wajahnya membuat jantungmu berdebar kencang,' 'dekat dengannya saja sudah membuat perutmu tidak tenang,' 'disentuh olehnya membuatmu berkeringat,' ditambah 'bersamanya itu menyenangkan,' 'kau ingin tahu lebih banyak tentangnya,' dan, lebih dari apa pun: 'hanya itulah yang kau pikirkan, dan pikiranmu melayang ke pemikiran tentangnya tanpa menyadarinya.'”

“B-Benar…”

“Sedangkan untuk M, jika kita kurangi kejadian-kejadian di mana aku berkomunikasi langsung denganmu, maka hal tersebut memenuhi hal-hal berikut: jantung berdebar-debar, tidak tenang, keringat, kesenangan, keinginan untuk mengetahui lebih banyak, dan kecenderungan untuk memikirkanmu. Oleh karena itu kita dapat menyimpulkan bahwa M sama dengan L. Jika kita mengikutinya sampai pada kesimpulan matematisnya…” Midori membuka matanya lebar-lebar, dan aku merasakan gelombang kejut menjalar ke tulang punggungku.

“Aku sangat mencintaimu. QED!”

Dia mengatakannya.

Aku sudah mengharapkan pengakuan cinta itu sendiri. Menjelang hal itu, kurang dari itu; itu didasarkan pada logika siswi teladannya. Bahkan ketika dia mengumpulkan keberaniannya dan berusaha sekuat tenaga, Midori tetaplah Midori.

Dia memejamkan matanya sekarang, seolah takut. Bahunya gemetar. Dia membuka matanya sedikit, dan suaranya bergetar saat dia bertanya, “Biarkan aku mendengar perasaanmu, Ooboshi-kun.”

Aku tahu pertanyaan itu akan datang.

Betapapun hebatnya aku mencoba membodohinya, itu hanya membuang-buang waktu. Jawabanku harus cepat, efisien, logis, dan jelas.

Tapi aku tidak bisa melakukannya.

Bukannya aku tidak mau menjawabnya. Aku tidak bisa. Bahkan sekarang, setelah dia menyatakan perasaannya kepadaku, aku tidak mempunyai tanggapan yang jelas untuknya. Itu tidak ada di kepalaku.

“Sebelum aku menjawab, aku ingin menanyakan sesuatu kepadamu. Kau pintar, jadi aku yakin kau pasti tahu jawabannya.”

"Baiklah. Aku hampir telanjang di hadapanmu sekarang. Aku tidak takut dengan pertanyaan apa pun yang mungkin kau miliki.”

“Katakan padaku apa itu cinta.”

"Apa?"

“Aku tidak tahu apakah perasaan yang aku miliki ini adalah cinta atau bukan. Aku tidak tahu apa-apa. Kepada siapa aku punya perasaan ini? Apakah aku punya perasaan pada seseorang? Aku hanya tidak yakin. Aku telah ikut campur dalam urusan banyak orang dan ikut campur dalam kehidupan mereka. Apakah cinta yang mendorongku untuk membantu mereka, atau ada hal lain? Melibatkan diriku dengan begitu banyak orang, membuat hidupku menjadi terlalu melewati batas... Itu menghentikanku untuk memahami perasaanku sendiri.”

Setiap kali mereka mendapat masalah, aku melakukan segala upaya untuk menyelesaikan masalah mereka. Ozu, Iroha, Otoi-san, Sumire, Mashiro, Midori, Sasara... Aku selalu merasa itu adalah hal yang wajar untuk dilakukan, dan aku tidak pernah berhenti memikirkan sifat emosi yang membawaku membantu orang-orang ini.

Namun seandainya ada perasaan ketertarikan romantis yang tersembunyi di balik semua itu, aku merasa penting bagiku untuk mengidentifikasi perasaan tersebut dan di mana letaknya. Terlepas dari kontrakku dengan Tsukinomori-san, aku merasa seperti tersadar dari ketidaktahuanku akan membuatku bisa melihat dunia dari sudut pandang yang berbeda.

“Baiklah, Ooboshi-kun. Aku akan memberitahumu siapa yang kau cintai.” Midori memasukkan kakinya ke dalam sandal, dan setelah memastikan dia memakainya dengan benar, mendekatiku.

Dia meletakkan tangannya di pipiku. Itu sangat hangat sehingga kau tidak akan mengira kami berdiri di luar di tengah angin dingin. Suhu tubuhnya pasti sedang tinggi. Selain kehangatannya, tangannya juga lembut, dan terasa nyaman di kulitku.

Tapi...

“Apakah kau merasa tidak enak?”

"Apa?"

“Aku menyatakan perasaanku padamu. Sekarang aku menyentuh pipimu. Apakah kau merasa bersalah? Apakah kau merasa melakukan sesuatu yang salah?”

Seperti itulah rasanya. Midori telah melihat menembus diriku.

“Apakah ada seseorang yang kau pikirkan dia benar-benar tidak ingin menyaksikanmu saat aku menyentuhmu seperti ini? Perasaanmu untuknya. Orang yang ada di pikiranmu saat ini. Itu orang yang kau suka.”

“Oh… Jadi itu dia selama ini…”

Orang yang aku tidak ingin dia menyaksikan ini. Kata-kata itu mengingatkanku pada satu hal. Seperti yang dijanjikan Midori. Dan sekarang setelah dia menunjukkannya kepadaku, aku tidak merasa ingin menyangkalnya atau membuat alasan lagi. Anehnya, aku merasa tenang. Seolah jawabannya sudah ada sejak lama.

“Dari reaksimu, sepertinya orang itu bukan aku.”

Aku tidak langsung membalas.

"Aku minta maaf."

Ini bukan pertama kalinya aku menolak pengakuan cinta, tapi itu tidak membuatnya lebih mudah. Rasa tidak enak dan pahit menyebar di lidahku, dan aku bisa merasakan setiap selku hancur seolah dikutuk.

Memangnya aku pikir aku ini siapa?

Midori mungkin sangat serius dan sedikit penyendiri , tapi siapa pun bisa melihat betapa cantiknya dia. Dia adalah siswi teladan dengan masa depan cerah di depannya, dan dia sangat kecil kemungkinannya untuk menyimpang dari jalan yang lurus dan sempit. Dia bukan hanya sekedar pacar yang sempurna; dia adalah istri yang sempurna.

Sekarang bandingkan dia denganku, yang benar-benar berada di tengah-tengah baik dalam penampilan maupun kemampuannya. Aku seharusnya mencium kakinya, bersyukur dia bahkan mau meluangkan waktu untukku! Sebaliknya, aku menolaknya. Seolah aku lebih baik darinya, padahal itu jauh dari kebenaran.

Apa maksud “ketahuilah tempatmu di dunia ini”? Aku mengabaikan nasihatku sendiri.

Tapi betapapun aku menyalahkan diriku sendiri, itu tidak akan mengubah apa pun. Sekarang aku tahu untuk siapa perasaanku, aku tidak bisa menerima pengakuan cinta Midori.

Midori terdiam beberapa saat, sebelum tiba-tiba merentangkan tangannya tinggi-tinggi di atas kepalanya. “Sepertinya aku ditolak.” Dia tampak sangat tenang menghadapi semua ini.

“Aku benar-benar minta maaf, Midori-san.”

“Jangan begitu, Ooboshi-kun. Aku adik perempuan temanmu, ingat? Kau mungkin telah menolakku, tapi akan sulit untuk memutuskan hubungan denganku sepenuhnya, meskipun itu tidak adil. Kau tidak perlu meminta maaf. Aku sudah menduga hal ini juga, sampai batas tertentu, dari ramalan yang aku peroleh. Aku dapat keberuntungan yang mengerikan, ingat.”

“Ya, aku ingat…”

“Aku seharusnya tidak meragukan para dewa! Mereka hanya menunjukkan kepadaku bahwa peruntunganku sepenuhnya benar.” Midori tertawa, jelas berusaha keras untuk tampil ceria.

Jika aku tidak merasa bersalah sebelumnya, sekarang aku benar-benar merasa bersalah.

“Jangan memasang wajah seperti itu. Aku lebih suka kau tidak terjebak dalam rasa bersalah apa pun, karena hal itu mungkin membuatmu mulai menghindariku. Dan itu akan jauh lebih menyakitkan.”

"Benar. Kau ingin hubungan kita tetap sama.”

“Aku ingin terus menjadi adik perempuan temanmu. Jika aku boleh menambahkan permintaan egois di atas itu, aku ingin kita menjadi teman yang bisa ngobrol bersama tentang fakta-fakta menarik. Jika tidak ada yang lain, aku ingin kita tetap berhubungan baik.”

"Aku juga. Selama kau tidak keberatan.”

"Aku tidak keberatan! Sekarang, waktunya lampu hampir dimatikan. Aku harus kembali ke kamarku,” kata Midori, terdengar sangat mirip dengan siswi teladannya yang serius. Dia berbalik.

Aneh sekali. Sejak dia menyatakan perasaannya kepadaku hingga beberapa saat yang lalu, dia tampak seperti seorang putri cantik dari kerajaan yang jauh dengan gaun yang luar biasa. Tapi sekarang dia tampak seperti Kageishi Midori yang biasa-biasa saja, seolah-olah jam telah berdentang tengah malam dan sihirnya telah memudar.

“Jangan berpikir aku akan melepaskanmu begitu saja jika aku tahu kau melanggar aturan apa pun! Tidurlah!” dia memanggil.

"Ya. Aku akan kembali sebentar lagi.” Setelah melihat Midori menghilang di dalam, aku melihat ke arah langit.

 Bulan tampak sangat besar dan indah, mengambang di langit malam. Itu akan menjadi pemandangan yang sangat romantis untuk dilihat pasangan mana pun sambil menikmati cinta satu sama lain, meskipun agak klise. Aku benar-benar merasa tidak enak karena menyia-nyiakannya. Setidaknya yang bisa kulakukan sekarang adalah mengaguminya beberapa menit lagi, hanya untuk memberiku sedikit waktu. 


Karena dia tidak ingin membuatku merasa buruk, Midori berpura-pura dia baik-baik saja ketika dia kembali ke kamarnya. Aku tidak ingin usahanya sia-sia, jadi aku memberinya waktu ekstra untuk kembali sendiri.

Maafkan aku, Midori.

Dia menjadi jauh lebih baik dibandingkan saat aku pertama kali melihatnya. Kalau saja aku tidak terbiasa berada di dekat orang-orang dengan bakat luar biasa, aku mungkin tidak akan menyadarinya. Tapi aku melihatnya:

Retakan dalam aktingnya.

+×+×+×+

“Kau tidak suka membuat orang marah, ya?”

"Tentu saja tidak."

“Memilih seseorang akan membuat marah orang lain. Kau akhirnya tahu apa yang kau rasakan sekarang, kan?

"Ya..."

“Kalau begitu kau harus mempersiapkan diri. Kau harus menyakiti orang lain. Bahkan mungkin bukan hanya satu orang.”

“Aku mengerti.”

“Baguslah kalau begitu.”


Penerjemah: Janaka

Post a Comment

Previous Post Next Post


Support Us