Tomodachi no Imouto ga Ore ni Dake Uzai - Volume 8 Chapter 4 Bahasa Indonesia


 Bab 4 - Pacar Palsuku Tahu Semua Tentang Sushi!


 Pada saat kami selesai jalan-jalan di Fushimi Inari-taisha dan kembali ke hotel, hari sudah cukup gelap.  Hotel yang mirip istana ini juga memiliki nuansa bersejarah di bagian dalamnya, memberikan sentuhan misterius pada atmosfernya — yang ditempa oleh para remaja yang berkeliaran di koridor kuno dengan pakaian modern bergaya barat.  Keanggunan dan aristokrasi adalah hal terakhir yang ada di pikiran kami saat kami berjalan dan berbicara dengan santai, memperlakukan bangunan ini seolah-olah kami memiliki tempat ini.  Aku menghitung diriku di antara para remaja itu.

 Kami menuju kantin untuk makan malam.  Otak otot kelompok, Suzuki, sedang berjalan di sampingku, matanya bersinar karena kegembiraan.

 "Bung, menghabiskan malam dengan semua orang sangat hype, dan kita bahkan tidak perlu memakai seragam kita yang pengap!"

 "Ya, kupikir begitu."

 “Ayolah, Ooboshi!  Tunjukkan sedikit antusiasme, oke?”

 “Aku bisa mencobanya, tapi itu tidak asli...”

 Aku terbiasa menghabiskan malam tanpa seragam dengan siswa lain.  Aku mengadakan pesta seperti itu dengan Aliansi sepanjang waktu—setidaknya seminggu sekali.

 “Sial, aku terkesan.  Sepertinya kau sudah dewasa atau semacamnya, terbiasa pergi ke kota pada malam hari.  Kukira itulah yang terjadi ketika kau berhasil pacaran cukup lama.”

 “Uh, pacar tidak ada hubungannya dengan itu.  Yah, kurasa dia memang bagian dari itu, tapi itu menjadi sedikit merepotkan.”

 Suzuki menghela napas.  “Apa sebutan untuk orang-orang sepertimu?  Normie?  Kupu-kupu sosial?  Apa yang ingin kukatakan adalah, kau benar-benar terlihat seperti pria yang memiliki segalanya.”

 "Aku?  Normie?  Kau bercanda, ‘kan?  Kau jauh lebih normie daripada aku!”

 “Kau tahu, kupikir kau benar.  Aku punya keanggotaan gym!”  Suzuki menyeringai ramah padaku.

 Tunggu.  Suzuki adalah salah satu orang yang paling normie dan ramah di seluruh kelas kami, tapi dia tidak menyadari bahwa dia adalah seorang normie sampai aku menunjukkannya.  Ketika kau memikirkannya secara rasional, aku bertemu dan berpesta dengan teman-temanku hampir setiap minggu — sesuatu yang biasa dilakukan normie.

 Mungkinkah aku tidak memiliki pandangan objektif tentang diriku sejak awal?

 Sebelum aku bisa mengetahuinya, kami berada di kantin besar.  Mereka rupanya menggunakan hotel ini untuk pelatihan residensial untuk perusahaan besar, jadi ada lebih dari cukup kursi untuk seluruh kelompok satu angkatan kami.

 Kami dibagi berdasarkan kelas dan kemudian kelompok.  Anak laki-laki duduk di satu sisi meja sementara anak perempuan duduk di seberang kami.  Kuliner Kyoto yang disajikan di hadapan kami di atas meja menyebabkan kehebohan yang menyebar.

 “Wah!  Aku hanya pernah melihat makanan seperti ini di drama, ketika seseorang mencoba menyuap politisi!”

 “Sepertinya hidangan ini dibuat untuk selera kelas atas!”

 “Aku harus setuju.  Lihat hidangan rendah kalori ini!”

 Komentar yang kudengar di sekitarku bodoh dan jenius.

 Ratu Berbisa Kageishi Sumire berdiri di atas platform di depan ruang makan, tersenyum saat dia melihat kekaguman para siswa.  (Aku mengatakan tersenyum, tapi bagiku itu lebih terlihat seperti seringai sombong).  “Yakinlah bahwa aku menolak untuk berkompromi dengan kualitas makanan!  Aku meneliti daftar lengkap penginapan dengan rating tertinggi di Kyoto untuk menemukan tempat yang menyajikan masakan terbaik.  Ingatlah untuk bersyukur saat kalian menikmati makanan kalian!”

 “Terima kasih, Kageishi-sensei!”  Para siswa memberi hormat dengan antusias kepada komandan mereka.  Itu adalah pemandangan yang indah, di mana kau bisa melihat hubungan saling percaya antara guru dan murid.

 "Untuk apa dia begitu sombong?"  Aku bertanya-tanya dengan suara keras.  “Ini semua diputuskan oleh algoritmemu, Ozu.”

 “Itu menelusuri berbagai situs ulasan yang mengumpulkan informasi, dan kemudian mengeluarkan opsi yang paling cocok — setelah menganalisis ulasan tersebut untuk kredibilitas mereka, tentu saja.  Tidak butuh waktu lama untuk memutuskan;  itu benar-benar sangat sederhana.”

 “Dengan kata lain, Sumire-sensei tidak meneliti apa pun.”

 “Jangan terlalu keras padanya.  Ketua OSIS yang memintaku untuk membantu Komite Perjalanan Kelas,” kata Ozu.  “Keterampilan kepemimpinan mencakup kemampuan memanfaatkan anggota timmu secara efisien.”

 “Aku setuju dengan itu, tentu saja.  Aku hanya tidak berpikir dia punya sesuatu untuk dibanggakan.”

 "Aha ha ha."

 “Bukannya aku keberatan dia meminjam keahlianmu jika itu berarti kelas kita akan makan seperti raja.”

 Sumire tidak hanya seorang artist yang mengesankan, dia juga cocok untuk menjadi seorang guru.

 “Yo, aku belum pernah melihat ikan seperti ini!”  seru Takamiya.

 “Itu pike conger,” kata Mashiro.  “Itu kelezatan Kyoto yang terkenal.”

 "Wah, benarkah?"

 “Pusat Kyoto jauh dari laut, jadi aneh kalau mereka punya hidangan terkenal seperti ini, ‘kan?  Tapi pike conger adalah ikan kuat yang menjaga kesegarannya mulai dari Laut Genkai, tempatnya dipancing, hingga Kyoto.  Sudah dikenal sebagai ikan pokok masakan kota ini sejak zaman kuno.”

 “Wow, Mashiro-chin!  Kau seperti Fishipedia!”

 “Seafood benar-benar merupakan hal terhebat yang pernah ada,” kata Mashiro sambil tersenyum.  "Aku tahu segalanya yang perlu diketahui tentang itu!"

 Takamiya pandai mendorong Mashiro untuk berbicara, dan Mashiro menanggapinya dengan membagikan hal-hal sepele tentang ikan.  Jika aku tidak salah, dia bahkan membusungkan dadanya dengan bangga.  Gadis-gadis itu rukun.  Ada beberapa orang di luar sana yang kesal ketika orang lain mencoba membagikan hal-hal sepele dengan mereka, tapi untungnya Takamiya bukan salah satunya—matanya berbinar penasaran.

 “Kau luar biasa, Mashiro-chin!  Kau setuju, ‘kan, Kyouko-chin?”

 “A-aku setuju.  Aku sangat terkesan, Tsukinomori-san.”

 “Ah, itu tidak istimewa!  Kecuali...” Mashiro tertawa.

 “Kau tahu persis seperti seorang penulis profesional yang menulis tentang monster berdasarkan makhluk laut.  Jika kau punya informasi lain seperti itu, biarkan aku mendengarkannya!”

 Mashiro tiba-tiba terdiam.  “Sebenarnya, aku benci seafood.”

 “Tsukinomori-san?  Kau memiliki kepribadian ganda atau semacamnya?”  Maihama berkedip bingung.

 Mungkin Mashiro merasa dia terlalu sombong dan tiba-tiba merasa malu.

 Kurasa aku bisa mengerti itu.

 +×+×+×+

 Setelah menikmati makan malam yang lezat bersama, kami kembali ke kamar masing-masing.

 Dari delapan lantai hotel, sekolah kami menyewa dua lantai.  Lantai enam untuk anak laki-laki, dan lantai tujuh untuk anak perempuan.  Alasan biasa untuk memisahkan lantai berdasarkan jenis kelamin adalah untuk menghindari sesuatu yang tidak menyenangkan terjadi, tapi sejujurnya aku tidak berpikir ada bahaya dari itu bahkan jika lantainya dicampur.  Dan di sisi lain, aku ragu perbedaan satu lantai akan cukup untuk menghentikan jenis hewan buas yang cukup bertekad untuk melepaskan diri sehingga mereka akan melakukan hal semacam itu dengan siswa lain.

 “Hngh!  Hngh!  Hngh!”

 Kamar kami interiornya bergaya antara Barat dan Jepang.  Kukira kau bisa menyebutnya gaya Jepang modern.  Itu dilengkapi dengan semua perangkat penting untuk peradaban: TV, ketel listrik, dan banyak colokan listrik.  Tiga dari colokan itu saat ini ditempati oleh charger, masing-masing kabelnya terpasang ke smartphone.  Salah satunya adalah milikku.  Untungnya, Ozu membawa charger universal, yang sekarang kupinjam.

 “Hah!  Hah!  Hah!”

 Ada tiga tempat tidur single besar di ruangan ini, serta replika gulungan gantung.  Lantainya tersusun dari tatami, yang mengeluarkan aroma samar-samar.

 "Ya!  Hah!  Ya!  Hai!"

 Di luar layar geser ruangan ada beranda luas lengkap dengan meja bundar, kursi, dan kursi pijat.  Jendela besar memberikan pemandangan cakrawala malam, memungkinkan para tamu untuk menikmati kemewahan tanpa beban saat bepergian—

 “Ugh!  Ugh!  Ugh!  Hah!”

 “Diam!  Kupikir kau sedang melatih ototmu, bukan mulutmu!” Aku akhirnya membentak bajingan yang mengenakan tank top itu yang melakukan squat di atas tikar tatami.  Aku mencoba untuk membiarkan aroma lembut tradisional Jepang mengisi paru-paruku, tapi pada tingkat ini, yang akan aku cium hanyalah keringat.

 Seluruh atmosfer hancur.

 Suzuki berhenti setengah jongkok dan mengerutkan kening bertanya padaku.  “Dengar, Ooboshi.  Kau tidak bisa berlatih tanpa pernapasan perut!”

 "Oke, aku tidak bisa berdebat dengan itu — tapi kenapa kau bahkan berlatih sekarang?"

 “Kau harus berlatih setelah makan.  Sebentar lagi waktunya mandi, dan aku tidak ingin berkeringat setelah itu.”

 "Sebentar lagi" menjadi "dalam satu jam."  Pemandian hotel tidak cukup besar untuk menampung rombongan kami yang satu angkatan sekaligus, jadi setiap kelas telah diberi waktu.  Itu yang kami tunggu saat ini.

 “Bisakah kau memberikan pendapatmu tentang sesuatu dengan cepat, Aki?”  tanya Ozu.

 "Ada apa?"

 “Kau tahu bagaimana aku mengumpulkan data untuk perjalanan kelas, 'kan?  Apa menurutmu aku bisa menggunakan ini?”  Ozu memberi isyarat padaku dari tempat dia duduk di tempat tidur, melihat ponselnya.

 Aku melihat dari balik bahunya.  Dia sedang membaca manga komedi romantis yang diterbitkan dalam antologi manga mingguan.  Orang-orang banyak membicarakan ini akhir-akhir ini.

 “The Haunted Forty-Octuplets: Love is Scary.  Ya, bab perjalanan kelas dinilai cukup tinggi.”

 "Ya.  Protagonisnya juga bagus dalam percakapan.  Itu sebabnya kupikir ... "

 "Benar.  Dia punya cara bicara yang menyenangkan.  Kupikir dia taruhan yang aman.”

 “Oke, jadi seharusnya tidak masalah …” Ozu terdiam, tampaknya masih tidak yakin.

 "Ada masalah?"

 “Masalahnya, dia menghabiskan sebagian besar perjalanan kelas dengan gadis satu ini.  Semua adegannya tentang romansa atau keintiman.  Aku tidak tahu apakah itu akan sangat berguna untuk berbicara dengan sekelompok gadis yang tidak kuminati, atau kalian berdua, "dia menunjuk ke Suzuki, "di tempat umum.”

 “Ah, begitu.  Ya, kau mungkin ada benarnya di sana.”

 "Apa yang kalian berdua bicarakan?"

 Sesuatu yang sangat normal dan sehari-hari, seperti yang terjadi, tapi Suzuki jelas tidak tau.  Dia membuat kami mengerutkan kening bingung, lututnya masih tertekuk dari jongkok terakhirnya.

 “Eh...” Aku ragu-ragu.  "Aku tidak begitu yakin bagaimana menjelaskannya."

 “Aku sedang melatih keterampilan berbicaraku,” jawab Ozu sederhana, menghilangkan kebutuhanku untuk menghindari pertanyaan itu.

 Jika dia tidak masalah dengan Suzuki mengetahuinya, maka tidak ada alasan bagiku untuk menyembunyikan apapun juga.

 “Tapi kau baru saja berbicara tentang manga, ‘kan?  Apa hubungannya dengan keterampilan berbicara?”

 “Ada banyak data bagus di manga, karena karakter berbicara dengan jelas.  Ini adalah media yang sempurna untuk belajar.”

 "'Belajar'?  Tapi tunggu, bukankah percakapan di kehidupan nyata dan percakapan di manga itu berbeda?”

 “Berhentilah mencoba bersikap seperti raja akal sehat ketika kau benar-benar berdiri di sana berolahraga saat dalam perjalanan kelas.  Kau membuatku berpikir bahwa kami ini mungkin orang-orang aneh.”

 Diam-diam, aku setuju dengannya.  Manga jelas bukan yang seharusnya kau gunakan sebagai buku pelajaran komunikasi.  Berbicara dengan manusia sungguhan akan seratus kali lebih efisien.  Tidak seperti game, kehidupan nyata tidak memiliki mode debug.  Tidak ada versi beta yang dapat digunakan untuk mengumpulkan umpan balik dan memandumu menuju kesempurnaan;  tidak ada jaring pengaman.  Hasil datang saat kau mengambil tindakan;  hasil dengan potensi mendefinisikan hubungan selamanya.

 Kehidupan nyata adalah produk sekali pakai, di mana kegagalan memiliki konsekuensi yang tidak dapat diubah.  Itu tidak seperti pengembangan game, yang dapat terus kau tingkatkan, sedikit demi sedikit.  Kebanyakan orang bertahan hidup dengan belajar dari pengalaman tanpa masalah besar, tapi itu adalah tugas yang jauh lebih sulit bagi Kohinata Ozuma.  Otak Ozu luar biasa dan bisa mengerti sesuatu dengan cepat, seperti komputer yang dipasang di tubuh manusia, tapi kekurangannya adalah kurangnya keterampilan komunikasi.

 “Aku mendapatkan semua info dari cerita dan menyaringnya untuk mengidentifikasi materi terbaik untuk dipelajari.  Memang ada banyak sampah: hal-hal yang tidak berguna untuk percakapan di kehidupan nyata.”

 "Hah.  Kupikir bagus jika itu berhasil untukmu.”  Suzuki mengangkat bahu.

 “Aku bisa menjadikanmu sebagai contoh,” lanjut Ozu.  “Semua hngh dan haah-mu barusan adalah data yang tidak berguna.  Hal-hal yang, jika dimasukkan ke dalam novel, akan membuat pembacanya marah.”

 “Kau tahu, Kohinata, jika kau ingin melatih keterampilan komunikasimu, mungkin kau harus memulai dengan tidak mengatakan hal-hal yang menyakitkan seperti ribuan luka tusukan di hati?”

 "Ya, itu adalah hal-hal yang harus dia atasi."  Aku menghela napas, menggaruk bagian belakang kepalaku.  “Mengidentifikasi kalimat antara apa yang menyakitkan dan apa yang tidak mungkin adalah hal yang paling sulit.  Itu juga yang membuat sulit untuk berlatih dengan percakapan di kehidupan nyata.”

 Itu lebih rumit dari yang kau kira.  Dalam percakapan asli, kalimat yang sama bisa lucu, penuh kasih sayang, atau benar-benar kasar tergantung pada siapa kau bicara dan di mana.  Misalnya, "Aku mencintaimu" bisa menjadi pengakuan cinta ketika diucapkan dengan ekspresi serius di pemandangan kota malam hari, tanda persahabatan ketika kau dan sahabatmu saling meninju bahu, atau komentar sinis ketika dikatakan oleh penipu tergantung berapa gepok uang yang baru saja kau serahkan kepada mereka tanpa pertanyaan.

 Selama kau bisa mengerti perbedaan halus antara hal-hal itu, itu akan lancar.  Ozu tidak bisa.

 “Kalian tahu, kalian ...” Suzuki mulai bicara.

 Aku menegang.  Apakah aku salah menilai seberapa dekat kami?  Kami menghabiskan sepanjang hari menikmati Kyoto bersama, jadi kupikir tidak apa-apa untuk mengungkapkan sebanyak ini.  Mungkin aku terlalu naif.

 Aku mengingat kembali saat SMP.  Tentang tatapan aneh yang aku dan Ozu dapatkan.  Tentang pengalaman kami menjadi orang buangan di lingkungan tertutup yang merupakan ruang kelas kami.  Aku tidak bisa membiarkan hal yang sama terjadi di SMA!

 “Tunggu, kau salah!  Kami hanya bercanda, um...” Aku mencondongkan tubuh ke depan, bergegas memperbaiki keadaan.  Mungkin aku tidak bertindak cukup cepat;  yang kutahu adalah aku harus bertindak sebelum dia mulai membentuk opini negatif tentang Ozu.

 "Kalian ... sangat aneh!"

 Aku berkedip.

 Apa?

 Berkat pernapasan perutnya, suara Suzuki terdengar jelas di seluruh ruangan sebelum aku bisa menyelesaikan apa yang kukatakan.

 Tanpa konteks, kata-katanya dapat dengan mudah dianggap sebagai penghinaan.  Tapi ada senyum cerah di wajahnya, dan tidak ada sedikit pun keraguan dalam nadanya, dan jelas dia tidak bermaksud buruk dengan itu.

 “Sepertinya, sangat menghibur!  Hei, jika aku bisa melakukan sesuatu untuk membantu pelatihan komunikasimu, beri tahumu!”

 Aku secara naluriah tertawa kering, lega bahwa aku telah memutuskan untuk lebih memperhatikan kehidupan pribadiku sebelum kami melakukan perjalanan kelas ini.  Pasti ada refleksi diri yang perlu kulakukan terkait keputusanku untuk berhenti memperlakukan Suzuki sebagai normie.  Aku selalu salah paham bahwa pandanganku objektif dan mencakup segalanya, tapi sebenarnya, aku terjebak di balik filter di dunia yang penuh dengan prasangkaku sendiri.

 Mungkin sekolah kami—bukan hanya sekolah kami, tapi masyarakat kami—lebih mudah ditinggali daripada yang kukira, baik untukku maupun Ozu.  Jelas, berbahaya untuk mengambil kesimpulan seperti itu berdasarkan satu sampel.  Tapi aku merasa bahwa mungkin, mungkin saja, aku bisa mempercayai pria ini.

 "Kalau ada apa-apa, aku akan memberitahumu," kataku.

 "Tentu!"

 +×+×+×+

 “Tunggu, Aki.  Bukankah kau menyebutkan sesuatu tentang mandi?

 "Ya."

 "Kurasa para dewa yang mengawasi kita akan marah jika kau tidak benar-benar menjelaskan adegan mandinya sebelum ceritanya selesai."

 "Maksudnya?"

 “Kau sebaiknya mulai berbicara tentang adegan mandi sekarang.  Berikan kepada orang-orang apa yang mereka inginkan.”


Penerjemah: Janaka

Post a Comment

Previous Post Next Post


Support Us